Adakan Workshop IbM, Prodi Membuat Sistem Informasi Sekolah untuk PKBM se-Bangkalan

Peran sistem informasi bagi suatu instansi memang sangat penting. Selain untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya, sistem informasi juga memberikan kemudahan-kemudahan sesuai dengan kebutuhan instansi tersebut.

Oleh karena itu, pada Kamis (10/8) di Lab Business Intelligence System (LabBis) prodi Sistem Informasi UTM menyelenggarakan workshop dan pelatihan tentang administrasi sistem informasi sekolah. Sistem Informasi Sekolah dibuat untuk memudahkan pihak mitra pengabdian masyarakat yaitu lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

PKBM merupakan lembaga penyelenggara pendidikan Non Formal yang menyelenggarakan pendidikan Paket A, B dan C. Selain itu lembaga ini juga berperan melalui program Keaksaraan untuk memberantas buta huruf di wilayah masing-masing. Program PKBM lainnya yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengadaan ruang baca perpustakaan.

Pada awalnya, program workshop dan pelatihan ini hanya dikhususkan bagi dua PKBM saja, yaitu PKBM Cendana Kwanyar dan PKBM Mandiri Kokop. Namun karena antusiasme yang tinggi, maka  penyelenggara juga mengundang PKBM lainnya diantaranya PKBM Ki Hajar Dewantara  Kamal, PKBM Delima Kwanyar, PKBM Tunas Bakti, PKBM Jokotole dan PKBM Anugerah Tragah. Peserta workshop sebanyak 22 orang.

Menurut Fitri Damayanti, S.Kom, M.Kom selaku ketua program Iptek bagi Masyarakat, IbM ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan administrasi dan peningkatan model pembelajaran. Selain memberikan workhop administator sistem informasi, program IbM ini juga menghasilkan media pembelajaran berupa perangkat lunak pembelajaran untuk enam mata pelajaran UN yaitu Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Ada beberapa usulan tentang program yang akan dilakukan selanjutnya yaitu dari Bapak Suherman tentang kapasitas data yang ada di sistem informasi harus lebih besar untuk menghindari gagal akses secara bersamaan. Usulan dari Bapak Usman, S.Pd tentang rencana akreditasi lembaga PKBM. Usulan selanjutnya dari Bapak Zubairi untuk meningkatkan kemitraan program keaksaraan dan lain sebagainya. Beberapa usulan tersebut akan difasilitasi oleh dosen-dosen sistem informasi sebagai penyelenggara IbM untuk ditindaklanjuti pada program berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.