Menganalisa Proses Bisnis Startup Kekinian

Startup. Hal yang sedang happening selama lima tahun belakangan. Startup juga melecut semangat anak-anak muda di Indonesia untuk belajar teknologi. Jurusan dengan basis komputer menjadi tujuan utama siswa yang lulus SMA.

Prodi Sistem Informasi UTM merupakan salah satu prodi yang harus menampung minat bakat mahasiswanya. Salah satunya adalah dengan membekalinya pengetahuan tentang startup.

Di mata kuliah Analisa Proses Bisnis, mahasiswa semester dua prodi Sistem Informasi UTM dikenali dengan beberapa framework proses bisnis. Salah satu yang fundamental adalah Business Model Canvas (BMC).

Agar semakin menarik mempelajari BMC, dosen matakuliah ini, Nurwahyu Alamsyah, memberikan tugas menganalisa seperti BMC yang diterapkan di berberapa startup kekinian. Startup dipilih diantaranya adalah Jenius, Tokopedia, Mbakmu, BanyuwangiMall, Pictalogi, dsb. Untuk mengetahui BMC, masing-masing kelompok harus melakukan riset dan diskusi mendalam tentang topik yang didapatkan. Hasilnya sangat menarik.

This slideshow requires JavaScript.

Diharapkan dari hasil analisa ini, mahasiswa dapat mengetahui proses bisnis di startup tersebut. Sehingga dapat menjadi inspirasi jika ingin membuat startup sedari sekarang. Hasil akhir dari tugas ini adalah mempresentasikan hasil riset mereka dalam bentuk presentasi kelompok dan ditulis di kertas karton.

Kemudian hasil di kertas karton, ditempelkan di laboratorium agar dapat menjadi pembelajaran juga buat mahasiswa Sistem Informasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.