Kompetensi Lulusan

  1. Profil Lulusan :

Profil lulusan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan prodi di masyarakat atau dunia kerja. Profil lulusan merupakan tolok ukur untuk melakukan perumusan kurikulum program studi, target, sekaligus tolok ukur keberhasilan suatu kurikulum dalam menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang diinginkan.Berkaitan dengan penentuan profil lulusan, maka program studi S1 Sistem informasi Universitas Trunojoyo Madura mengakomodasi masukan dari stakeholder, pengguna lulusan dan rekomendasi dari asosiasi profesi tingkat dunia yaitu (AIS dan ACM) dan asosiasi tingkat nasional yaitu AISINDO dan Aptikom serta peluang lulusan, maka ditetapkan bahwa profil lulusan/peran yang diharapkan yaitu:

  1. System Analyst

Adalah peran merancang struktur aplikasi yang akan dibangun sebagai dasar/acuan programmer dalam membuat aplikasi yang efektif menyelesaikan masalah, handal, & well-written. Pelatihan ERP, SAP, training dosen sesuai dengan pemetaaannya, studi banding.

  • Business Analyst

Adalah peran mereview, menganalisis, dan mengevaluasi permasalahan bisnis, proses bisnis, fungsi/struktur organisasi, sistem informasi yang digunakan dan data dasar informasi serta merekomendasikan solusi-solusi permasalahan  atau peningkatan performa bisnis perusahaan. 

  • Auditor sistem informasi

Adalah peran mengevaluasi dan menemukan bukti-bukti apakah sebuah sistem informasi telah memenuhi standar tertentu (termasuk di dalamnya mengembangkan perangkat audit, melaksanakan  proses audit dan membuat laporan hasil audit.

  • Manajer Proyek sistem informasi

Adalah peran mengoordinir dan mengelola sumber daya dan aktivitas-aktivitas pembangunan sistem informasi (dapat berupa proyek pengembangan aplikasi dan/atau proyek tata kelola teknologi informasi).

  • ERP Analyst

Adalah peran mereview, menganalisis , dan mengevaluasi permasalahan bisnis, proses bisnis dan merekomendasikan solusi-solusi permaslahan atau peningkatan performa bisnis dengan paket/modul sistem ERP(termasuk mendukung aktivitas perencanaan, implementasi, perawatan, dan optimisasi sistem ERP)

B. Skema Kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia/SKKNI,kesepakatan Assosiasi Profesi, atau badan/lembaga diklat yang diacu (JIKA ADA. Mohon dituliskan pula landasan hukum/dasar penetapan skema kompetensinya):

  1. Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (Enterprise Resource Planning)
    1. Enterprise Architecture Design
    2. Database Programmer

C. Kompetensi KETERAMPILAN UMUM yang harus dimiliki:

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu  melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

D. Kompetensi KETERAMPILAN KHUSUS yang harus dimiliki

  1. Mampu mendesain, membangun dan mengelola basis data serta mampu  menggunakan sistem manajemen basis data berdasarkan kebutuhan sistem
  2. Mampu menganalisis,  memvisualisasi data, menemukan pola dari hasil analisis data dan menyusun business plan berbasis teknologi terbaru.
  3. Mampu menjadi enterprenuer memanfaatkan teknologi.